proses terbentuknya tanah

Proses terbentuknya tanah


Assalamualaikum wr. Wb.

       Kembali lagi bersama saya.. pada kali ini saya ingin membahas mengenai tanah. Disini saya akan memaparkan  proses terbentuknya tanah yang selama ini kita pijaki. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana tanah bisa terbentuk, dan tahukah kamu bahwa sebenarnya tanah itu berasal dari batu-batuan yang mengalami pelapukan yang cukup lama? lalu dari pelapukan tersebut menjadi butiran - butiran yang sangat halus dan akhirnya terbentuk menjadi tanah. Dan tentunya banyak sekali jenis batuan yang ada dibumi, sebelum mengetahui lebih lanjut mari kita pelajari jenis bebatuan..

Jenis-jenis bebatuan


1. Batuan beku

       Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. Mendengar kata magma pasti kalian tahukan itu berasal dari mana.. magma merupakan cairan yang sangat panas yang terdapat diperut bumi, magma dikeluarkan oleh gunung yang meletus dan magma yang sudah mencapai dipermukaan bumu disebut dengan lava. Macam macam batuan beku antara lain : batu obsidian, batu granit, batu basal, batu andesit dan batu apung.

2. Batuan endapan(sendimen)

      Batuan endapan atau sering disebut sendimen adalah batuan yang terbentuk dari endapan hasil pelapukan batuan. Batuan ini juga bisa terbentuk dari endapan sisa - sisa binatang dan tumbuhan. Macam - macam batuan endapan (sendimen) antara lain : batu konglomerat, batu breksi, batu pasir, batu serpih dan batu kapur.

 3. Batuan malihan (metamorf)

       Batuan malihan adalah batuan yang berasal dari batuan sendimen yang mengalami perubahan (metamorfosis),  batuan sendimen yang mengalami perubahan dikarenakan panas dan tekanan dari dalam bumi. Macam - macam batuan malihan antara lain : batu genes (gneiss), batu marmer, batu sabak.


Proses pembentukan tanah karena pelapukan batuan.


       Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses terbentuknya tanah disebabkan oleh pelapukan batuan. Pelapukan dapat dibedakan menjadi dua, antara lain :

1. Pelapukan fisika

        Pelapukan fisika disebabkan oleh berbagai faktor yang berada di alam, antara lain : air, angin, suhu dan gelombang laut.

2. Pelapukan biologi

        Pelapukan biologi disebablan oleh tumbuhan ataupun lumut yang menempel dipermukaan batuan.

      Nahh... sekian dulu nih pembahasan mengenai proses terbentuknya tanah.. semoga dengan pembahasan proses terbentuknya tanah ini menambah wawasan serta pengetahuan kita. Mohon maaf jika ada salah kata.


Wassalamualaikum wr. Wb.

Comments