7 golongan yang mendapat naungan dari ALLAH SWT

7 golongan yang mendapat naungan dari ALLAH SWT.


Assalamualaikum wr. Wb. 

       Hai sahabat ilmu pintar.. pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai 7 golongan yang akan mendapatkan naungan dari ALLAH SWT. pada hari kiamat nanti. Naungan kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah pertolongan.

      Sebuah hadist riwayat muslim memaparkan, dari abu hurairah RA, dari nabi Muhammad SAW, sabdaya : " ada tujuh golongan yang mendapat naungan dari ALLAH SWT pada hari kiamat kelak, di mana tidak ada sama sekali naungan pada hari itu melainkan naungan dari ALLAH SWT."

      Nahh.. apa sajakah golongan yang akan mendapatkan naungan dari ALLAH SWT. Pada hari kiamat nanti, ini dia ke 7 golongan tersebut :

1. Imam (raja atau penguasa) yang adil


     Yang akan mendapatkan naungan dari ALLAH SWT. pada hari kiamat kelak adalah imam yang adil, maksud disini adalah para penguasa yang lebih mementingkan rakyatnya dari pada dirinya sendiri, ia tidak memikirkan berapa lama ia akan duduk dalam bangku kekuasaan tersebut tetapi ia akan selalu memikirkan nasib rakyatnya yang sudah memberikan amanat yang besar kepada dirinya. Jika dia hidup dengan nyaman maka dia juga akan berusaha membuat rakyatnya hidup dengan nyaman pula.

2. Pemuda yang menjadi dewasa dalam beribadat kepada ALLAH SWT.


       Ini merupakan golongan selanjutnya yang mendapat naungan dari ALLAH SWT. pada hari kiamat nanti. Di zaman yang bisa di bilang zaman edan ini sudah banyak sekali para pemuda yang lebih memilih untuk mengikuti suatu tren entah tren itu memberikan dampak yang positif ataupun memberikan dampak negatif. Banyak pula para pemuda yang terjerumus dalam kelamnya kehidupan malam, narkoba bahkan sampai kepada pergaulan bebas. 

Contoh kasus :

Pria1 : " bro.. ayok kita main ke tempat biasa gua nongkrong, lumayan acaranya asik, musiknya ajeb-ajeb gitu, makanannya banyak lagi"

Pria2 : "maaf lagi banyak kerjaan"

Pria1 : "ahh.. kan kerjaan bisa dikerjain besok.. disana banyak loh cewe - cewe, mini - mini pula.. ayolah.."

Pria2 :"waduh gak bisa nih broo.. hari ini aku harus ngerjain tugas buat dikirim ke dosen hari ini juga.. sorry ya bro.."

Pria1 :"ahh.. gak asik banget lo.. gak eksis lo.."

Pria2 : "gak papa kok bro.. aku cuman ngarep eksis dihadapan ALLAH SWT."

       Dari contoh kasus diatas alangkah baiknya jika kita dapat membentengi diri kita dengan iman islam, serta dapat memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik.


3. Orang yang hatinya tergantung pada masjid.


   Golongan selanjutnya yang akan mendapatkan naungan dari ALLAH SWT pada hari kiamat nanti adalah orang yang hatinya bergantung pada masjid.

Contoh kasus :

    Di suatu gang sempit ditengah kota terdapat seorang kakek yang sedang mendorong gerobak dagang es buah miliknya. Lalu seorang pria berbaju rapi datang menghampiri kakek tersebut.

Pria     : "kek.. beli es buahnya satu ya.."
Kakek : "iya.. mau dibungkus atau makan disini?"
Pria     :"makan disini aja kek.."
Kakek : " o iya silahkan.. (sambil memberikan bangku plastik)"

Beberapa menit kemudian, terdengar suara azan berkumandang..

Kakek :" silahkan ini es buahnya.."
Pria    :"iya terima kasih.."
Kakek :"saya tinggal dulu ya mas, udah azan."
Pria     :"lhah.. ini gimana kek dagangannya gak ada yang jaga.."
Kakek :"gak papa mas, saya lebih kuatir nggak kebagian shof pertama.."
Pria    :(terdiam beberapa menit)
Pria     : "keeekk.. tunggu.. saya juga mau dapat shof pertama.."

4. Dua orang yang saling mencintai satu sama lain karena ALLAH SWT. mereka berkumpul karena ALLAH dan berpisah karna ALLAH.


   Golongan ini merupakan golongan selanjutnya yang akan mendapatkan naungan dari ALLAH SWT pada hari kiamat. Betapa indahnya jika ada dua insan yang sedang jatuh cinta karena ALLAH, mereka akan takut kalau sampai terjerumus dalam perbuatan zina.. 

Contoh kasus :

Di suatu ruang tamu terdapat dua pria dewasa yang sedang berbincang..

Bapak  : "apa maksud dari kedatanganmu kesini nak tono.."
Tono    :" kedatangan saya kesini saya ingin meminta restu, saya ingin menikahi anak bapak.."
Bapak  :"sebelum sampai kesitu saya mau tanya dulu ke nak tono.. kenapa nak tono mau menikahi nabila anakku? Apakah karna dia cantik?"
Tono     :"bukan pak.."
Bapak  :"apa karena dia pandai? Iya?"
Tono     :"bukan juga pak.."
Bapak  :"lha.. terus kenapa? Dasar pemuda aneh !!"
Tono     :"karena ALLAH pak.. sejak kenal nabila anak bapak, saya jadi makin tau jalan menuju ridho ALLAH.."
Bapak  : subhanallah.. dia adalah calon pendamping hidup yang baik untuk anakku (bergumam dalam hati)

Bapak  :"okelah kalo gitu.. besok pagi kalian saya nikahkan jam delapan ya.. yang penting akad nikahnya dulu, resepsi bisa belakangan.."
Tono    :"baik pak.. terima kasih banyak "

5. Seorang laki - laki yang dirayu oleh wanita bangsawan yang cantik untuk berbuat mesum, lalu dia menolak dengan kata : "aku takut kepada ALLAH".


      Ini merupakan golongan selanjutnya yang akan mendapat naungan dari ALLAH pada hari kiamat.

      Salah satu godaan yang cukup berat bagi para laki - laki selain harta dan tahta ialah wanita. Cukup banyak kaum adam yang termakan akan rayuan rayuan yang dapat menyenangkan sesaat namun menimbulkan penyesalan dikemudian hari. Sebagai laki laki hendaknya menundukkan pandangan dari hal yang bukan termasuk haknya.. bentengi diri dengan iman, jika ada yang mengajak keperbuatan yang dilarang oleh ALLAH maka harus ditolak dan katakan "aku takut kepada ALLAH."


6. Orang yang bersedekah dengan diam - diam, sehingga tangan kanannya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kirinya.


   Golongan ini merupakan golongan selanjutnya yang akan mendapatkan naungan dari ALLAH SWT pada hari kiamat. Bersedekah merupakan salah satu wujud rasa syukur atas apa yang telah ALLAH berikan pada kita, bersedekah bukan soal banyak atau sedikit harta yang kita sedekahkan tapi masalahnya ikhlas atau tidaknya. Tetapi kalau kita memang punya harta yang berlimpah apa salahnya kalau kita bersedekah dengan jumlah yang banyak. Nahh...yang banyak terjadi sekarang adalah banyak orang yang bersedekah tetapi selalu mengungkit - ungkit sedekah yang telah dia berikan, ada juga yang sampai mengundang banyak orang untuk melihat dia bersedekah, apakah ini bisa disebut ikhlas? Ataukah malah bisa menimbulkan rasa ria? Entahlah.. hanya ALLAH dan diri dia sendiri yang tau. Alangkah lebih baik kalau kita bersedekah, lakukan dengan cara bersembunyi dan tidak banyak orang yang tahu.

7. Orang yang mengalir air matanya ketika berdzikir, mengingat dan menyebut nama ALLAH dalam keadaan bersunyi sendiri.


   Ini merupakan golongan terakhir yang akan mendapatkan naungan dari ALLAH SWT pada hari kiamat kelak. Orang yang dalam keadaan sedang sendiri lalu mengalir air mata yang membasahi pipinya ketika berdzikir mengingat dan menyebut nama ALLAH. Misalkan saja misalkan kita punya sebuah menara kartu yang telah kita bangun  lalu seketika datang adik kita yang tiba tiba menghancurkannya. Betapa kesalnya kita karena menara yg sudah di buat di hancurkan begitu saja. Tapi ALLAH buminya dirusak berkali - kali masih saja menganugerahi kita dengan beras, air , udara.. betapa hinanya kita..


Sekian ulasan dari saya mengenai 7 golongan yang mendapat naungan dari ALLAH SWT... semoga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari, saya mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan dihati..


Wassalamualaikum wr. Wb.

Comments